Harmonis Adalah Penting

Menjadi seorang ibu adalah pekerjaan paling mulia di seluruh dunia. Ada begitu banyak hal yang harus dilakukan seorang ibu. Contohnya dalam hal mengurus keluarga dan rumah. Anda para Ibu pasti mengerti betapa banyaknya tugas yang harus dilakukan. Namun, atas dasar cinta dan kasih sayang, tidak ada yang tidak mungkin dalam kamus seorang ibu untuk keluarganya.

Selain mengurus keluarga dan rumah, Ibu juga berperan penting dalam menciptakan dan menjaga keharmonisan di dalam keluarga. Keluarga yang harmonis dan bahagia adalah impian setiap orang dan bukan hal yang mustahil untuk mewujudkannya. Berikut ini ada berbagai cara yang bisa Anda lakukan di rumah untuk menciptakan keharmonisan serta menjaga keharmonisan tersebut tetap ada di keluarga kecil Anda.

Apresiasi Hal Positif

Ada begitu banyak hal yang dialami oleh anak di sekolah dan juga pasangan di tempat kerja. Selalu berikan perhatian dan beri pujian atas hal baik yang mereka lakukan. Dengan begini akan selalu ada bahan percakapan menyenangkan di rumah sekaligus memberi kesan bahwa apa yang mereka lakukan dihargai dan diapresiasi sehingga mereka juga bisa belajar saling menghargai anggota keluarga yang lainnya.

Bersikaplah Adil

Bukan hanya bersikap adil dalam perlakuan terhadap anak, Anda juga harus adil kepada pasangan. Jangan pernah memihak kepada salah seorang anak sehingga yang lain akan merasa tak diinginkan. Selain itu jangan lupa pula sisihkan waktu untuk ngobrol bersama pasangan di setiap harinya. Dengan begini semua anggota keluarga akan merasa didengar, diperhatikan dan mendapat porsi kasih sayang yang sama.

Kerjasama

Membangun kerjasama dalam keluarga juga akan semakin meningkatkan kedekatan dan melancarkan komunikasi yang ujung-ujungnya membuat anda sekeluarga semakin mengenal satu sama lain. Hal ini sangat penting untuk mencegah terjadinya konflik dalam keluarga. Anda bisa mengajak keluarga untuk bersih-bersih rumah bersama dan memberi tugas masing-masing kepada mereka sesuai umur dan kemampuan. Selain bisa membersihkan lebih cepat, bekerja bersama-sama tentu akan mengasyikkan.

Waktu Untuk Keluarga

Sesibuk apa pun Anda dan keluarga, usahakan untuk menyediakan waktu untuk keluarga, misalnya saat sarapan, sore hari, makan malam atau di akhir pekan. Gunakan waktu tersebut untuk ngobrol dan bersenang-senang bersama.

Jangan Ragu Ungkapkan Cinta

Jangan pelit senyum, peluk, cium atau sekedar perkataan “sayang” kepada sesama anggota keluarga. Hal-hal kecil seperti mengucapkan selamat pagi, mencium tangan sebelum keluar rumah, memberi pelukan kepada keluarga akan semakin mendekatkan hubungan satu sama lain

Menciptakan keluarga harmonis dan bahagia memang tak mudah karena membutuhkan peran dari semua anggota keluarga. Namun, sebagai Ibu, anda bisa menjadi penggerak hal tersebut. Semoga berhasil!